Tips

Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar di Rumah

Cara-Merawat-Tanaman-Bunga-Mawar-di-Rumah

Kali ini kami akan memberi tips tentang teknik merawat tanaman bunga mawar. Kamu sudah tahu kan bunga mawar bentuknya seperti apa? Mawar ialah salah satu bunga paling populer dan terkenal. Baik hanya sekedar untuk dirawat di rumah maupun dijadikan karangan bunga sebagai hadiah.

Dari sekian banyak jenis warna dan wewangian yang khas, mawar jadi bunga yang sangat digemari oleh semua orang. Di samping warnanya yang estetis dan wewangian yang khas, mawar digemari karena gampang dalam urusan penanaman sampai perawatannya.

Makanya banyak toko bunga seperti Istana Florist yang menjadikan mawar sebagai bahan dasar karangan bunga segarnya.

Bunga mawar bisa tumbuh di sekian banyak daerah dengan kondisi berbeda, mulai dari suhu yang dingin hingga suhu yang panas. Di samping digunakan sebagai simbol cinta dan rasa sayang, bunga yang satu ini pun bisa dimanfaatkan menjadi tanaman dekorasi ruangan. Beberapa orang juga merawatnya di luar ruangan.

Berikut ialah tips perawatan mawar supaya kondisi dan perkembangan bunga tersebut terjaga dengan baik.

Pilih Pot Yang Sesuai

Pot yang paling sesuai dalam perawatan bunga mawar ialah yang terbuat dari tanah liat. Pot tanah liat punya banyak pori-pori kecil yang dapat membuat air mengalir ke luar pot dan tidak menggenang. Hal ini tidak menyebabkan akar tumbuhan menjadi busuk karena terlalu banyak air.

Teknik Penyiraman yang Benar

Cara menyiram mawar yang paling benar adalah pada bagian tanah. Sebab bagian bunga dan daun mawar cukup rentan. Bagian daun dan bunga cukup disemprot pelan dan dibilas, tidak perlu disiram.

Untuk jadwal penyiraman, siram sekali dalam sehari ketika musim hujan atau sekali dalam 2 hari masing-masing pagi dan sore saat musim panas. Namun kalau hujan tidak berhenti, maka jangan lanjutkan penyiraman sebab sudah air sudah diperoleh dari air hujan.

Jangan lakukan penyiraman secara berlebihan hingga air menggenang di dalam pot. Ini malah akan menghambat pertumbuhan dan mawar bisa busuk sebab terlalu banyak air.

pot bunga mawar

Media Tanah yang Tepat

Media tanam yang tepat menjadi hal yang krusial untuk membuat mawar tumbuh subur dan berbunga cantic. Gunakan tanah yang memiliki kadar air pas, tidak terlalu gembur dan tidak terlalu kering. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Ini juga cukup penting bagi pertumbuhan bunga.

Baca Juga : Alasan Hari Valentine Sangat Identik Dengan Bunga Mawar

Pangkas Secara Teratur

Cek secara berkala bagian ranting dan daun yang busuk agar tidak terlalu lama menempel di tanaman. Dan bila ada yang membusuk atau mengering  segera pangkas memakai gunting tanaman yang tajam agar tumbuhan tidak rusak. Yang perlu diingat adalah tidak boleh memangkas dengan pola menyerong (diagonal). Usahakan hasil potongannya lurus.

Budi Daya Mawar

Ada banyak cara dalam mengembangbiakan tumbuhan ini. Teknik stek ialah cara yang paling sering digunakan dan sangat baik untuk meningkatkan jumlah tanaman. Dibanding dengan sejumlah cara lain (tanam biji, cangkok, okulasi, anakan).

Pemberian Nutrisi Tanah (Pupuk)

Pupuk berfungsi sebagai vitamin dan nutrisi untuk tanaman. Pemberian nutrisi dengan tepat dapat membantu bunga mawar tumbuh subur. Pilihan pupuk yang paling tepat ialah pupuk kandang yang didapatkan dari kotoran hewan ternak.

Monitor Serangan Hama

Hama adalah musuh utama seluruh tanaman. Mereka adalah penghambat perkembangan bunga bahkan dapat membuat tanaman mati. Hama dapat dihindari dengan menyemprot pestisida setiap 1-2 kali dalam periode sebulan.

Secara umum merawat tanaman bunga mawar tidak sulit untuk di lakukan. Semoga Anda bisa segera melakukan perawatan mawar dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *