Info

Kenapa Hari Valentine Identik Dengan Mawar? Ternyata Ini Alasannya

Kenapa-Hari-Valentine-Identik-Dengan-Hadiah-Bunga-Mawar

Pernahkah kamu berpikir mengapa mawar sangat spesial? Mengingat demand di pasar yang cukup tinggi, mawar memang jadi bunga primadona. Bunga mawar sering diasosiakan dengan sesuatu yang romantis.

Makanya mawar sering kita jumpai di acara pernikahan, anniversary, hingga digunakan sebagai kado bunga Valentine Day. Tapi kamu tahu tidak kenapa orang memakai mawar sebagai hadiah favorit di hari Valentine selain cokelat? Kenapa ya Valentine identik dengan mawar?

Sedikit Sejarah Valentine Day

Banyak versi sejarah yang menceritakan awal tradisi Valentine. Namun ada satu yang paling populer, dikatakan cerita romantis ini berasal dari Roma.

Ketika itu sang pemerinta Claudius II beropini bahwa tentara yang terbaik selalu terbentuk dari tentara yang berstatus single alias jomblo. Jadi dia melarang semua pria muda untuk menikah agar bisa menjadi tentara hebatnya. Siapa pun yang melanggar hal ini akan dikenai hukuman.

Namun ada seorang pendeta gereja muda bernama Valentine yang melihat hal ini sebagai ketidakadilan. Dia diam-diam tetap menerima permintaan untuk menikahkan pasangan muda yang memilih demikian.

Claudius pada akhirnya mengetahui kegiatan sang pendeta. Dia menangkap dan memenjarakan pendeta Valentine, dan berencana untuk menjatuhi hukuman mati.

Pada masa hukumannya di penjara, Valentine sering dikunjungi oleh anak sang sipir penjara. Lama kelamaan dia jatuh hati kepada gadis tersebut.

Sebelum dijatuhi hukuman mati, sang pendeta muda tersebut mengirim surat kepada sang gadis bertuliskan “From Your Valentine”. Atau artinya “Dari Valentine Milik Mu”. Sebuah kalimat pendek yang masih sering kita temukan di kartu ucapan hari Valentine.

Akhirnya sang pendeta dieksekusi mati pada tanggal 14 Februari tahun 270. Hingga pada tahun 460, Paus Gelasius mendeklarasikan tanggal 14 Februari sebagai peringatan dan penghormatan kepada Valentine. Karena keberanian dan semangatnya dalam menghadapi ketidakadilan menginspirasi banyak orang.

Hingga saat ini hari Valentine masih dirayakan dan menjadi tradisi panjang. Namun sedikit bergeser maknanya menjadi peringatan rasa cinta kepada orang yang kita kasihi. Tidak melulu kepada pasangan, tetapi bisa  juga kepada keluarga dan sahabat.

setangkai mawar meerah

Alasan Mawar Jadi Primadona Valentine

Sejak tahun 1800-an ada aktivitas yang bernama floriography, dimana sesorang memberikan buket bunga mawar untuk menyatakan ketertarikan. Ini menjadi tradisi hingga saat ini. Sudah berpuluh tahun bunga mawar seperti menjadi bunga resmi untuk menyampaikan rasa cinta.

Belum lagi warna merah yang dimilikinya memang mewakili keindahan, romantisme, rasa cinta dan semangat.

Tapi ternyata bukan cuma karena alasan sentimental saja, tapi juga ada alasan ekonomis di baliknya. Bunga mawar menjadi pilihan populer karena secara alami mawar adalah bunga yang tahan banting.

Bunga lain seperti tulip dan bunga matahari cukup mudah layu. Mereka bukanlah produk yang baik dalam menghadapi proses pengiriman bunga.

Dengan sifat mawar yang tahan banting, para petani bunga dan penjual bunga bisa menekan harga produksi dan menyanggupi permintaan pasar yang cukup tinggi. Bunga mawar lah yang jadi juara di industri ini.

Tidak Melulu Harus Mawar Saja

Dengan beberapa alasan di atas, kita sebenarnya tidak melulu harus memberi hadiah bunga mawar ketika hari Valentine. Kita bisa memilih jenis bunga yang berbeda seperti tulip atau kresen. Meskipun mawar memang menjadi pilihan yang paling aman dan mudah ditemukan. Dan orang kebanyakan suka dengan mawar.

Atau mungkin kita bisa menjadi lebih kreatif dengan mengombinasikan bunga mawar dengan benda lain seperti cokelat atau boneka, dan menjadikannya buket bunga. Seperti yang bisa kamu temukan DISINI.

Jadi apakah di hari Valentine nanti kamu akan memberikan bunga mawar kepada orang terkasih mu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *